Home » Blog » Beberapa Jenis Tanaman Karnivora
Plumeria Coral Cream
Habis
Rp 75000

Beberapa Jenis Tanaman Karnivora

Friday, December 13th 2013. Posted in Uncategorized
Tanaman Karnivora Nepenthes Tricocarpa Bercak

Tanaman Karnivora Nepenthes Tricocarpa Bercak

Di masyarakat umum tentu istilah karnivora merupakan istilah yang sudah sering di dengar. Bahkan anak –anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar pun telah mengatahui apa itu karnivora. Karena di dalam ilmu pendidikan yang disebut biologi, karnivora telah diperkenalkan sebagai salah satu ciri hewan. Sesungguhnya terdapat 3 jenis  ciri hewan dalam urusan makanan, yaitu karnivora, herbivora, dan omnivora. Karnivora digunakan untuk mengklasifikasikan  hewan pemakan daging, herbivora digunakan untuk mengklasifikasikan hewan-hewan pemakan tumbuhan, dan omnivora digunakan untuk mengklasifikasikan hewan pemakan segalanya. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa tanaman karnivora merupakan tanaman pemakan daging terutama serangga.

Ada berbagai jenis tanaman karnivora yang memiliki bentuk yang indah dan sangat cocok untuk dibudidayakan sebagai tanaman hias, seperti;

1. Dionaea muscipula (Penangkap lalat venus)

Tanaman ini sangat terkenal sebagai tanaman yang makanan utamanya adalah serangga dan araknida. Tanaman ini mampu menutup dalam jangka waktu 0.1 detik dalam menangkap mangsanya.

2. Aldrovanda vesiculosa( tanaman kincir air)

Tanaman ini tumbuh di air dan memakan serangga-serangga air. Tanaman ini juga mampu menutup dalam jangka waktu yang cepat bahkan lebih cepat dari dionaea muscipula yaitu 10 milidetik.

3. Drosera

Drosera merupakan tanaman karnivora yang dapat hidup hingga 50 tahun lamanya. Tanaman ini memiliki sekitar 194 species yang berbeda. Drosera diketahui memakan serangga dengan cara memanfaatkan tentakel lengket yang ada pada tubuhnya untuk menangkap serangga dan menyerap nutrisinya.

4. Pinguicula

Pingiuicula merupakan salah satu tanaman karnivora yang diperkirakan terdiri dari 80 species. Tanaman ini menggunakan kelenjar daun yang lengket untuk menjebak mdan mencerna mangsanya.

5. Darlingtonia californica

Darlington california biasa dikenal dengan sebutan lilly cobra. Daunnya berbentuk bulat dan berongga dan terbuka di bagian bawah struktur seperti balon dan dua daun yang runcing. Berbeda dengan tanaman karnivora lainnya, lilly cobra mampu menghasilkan cahaya yang terang setelah menangkap mangsanya sehingga serangga akan kesulitan jika ingin melarikan diri.

Memang terlihat cukup menyeramkan karena tanaman-tanaman karnivora memakan serangga dan makhluk hidup sejenis lainnya. Namun struktur tubuhnya yang dirancang untuk menangkap mangsa dapat memberikan nilai keindahan tersendiri bagi anda para pecinta tanaman hias. Ayo segera tanam tanaman karnivora di halaman anda, bentuk daun dan bunganya yang sangat unik dan menarik pasti mampu menambah keindahan rumah anda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • RSS
Rp 10000